text

bagi info dari gu3
saya juga akan memberikan trik-trik dan software yang menarik buat anda.....
+++semoga bermanfaat+++

Selasa, 31 Januari 2012

Tatung Dilarang Tampilkan Atraksi Sadisme


Sekretaris panitia Perayaan Imlek 2563 dan Festival Cap Go Meh Tahun 2012 Kota Singkawang, Bong Cin Nen melalui telephone selulernya menegaskan tatung yang mau berperan dalam pawai di hari ke lima belas lmlek (6 Februari 2012) tidak boleh menampilkan atraksi sadisme, Rabu (25/1).

Hari puncak Perayaan Imlek 2563 dan Festival Cap Go Meh 2012 yang ditunggu-tunggu para wisatawan di Kota Singkawang adalah arak-arakan dan atraksi ratusan tatung, yang dikemas secara apik oleh panitia. Tatung yang sudah sejak puluhan tahun silam dikenal warga akan tampil di depan publik. Jangan heran, tatung ini merupakan pembauran budaya lokal dan daratan Tiongkok yang tak ada duanya di dunia.


Diperkirakan 750 tatung akan berperan aktif dalam pawai tersebut. Oleh karena itu panitia berusaha mengantisipasi adanya tatung yang akan menampilkan atraksi sadisme seperti makan anjing, ayam mentah, dll.

“Puncak dari kegiatan Perayaan Imlek dan CGM ini adalah Pawai dan atraksi tatung. Diperkirakan 750 tatung akan tampil dalam kesempatan tersebut. Supaya atraksi ini bisa dinikmati oleh wisatawan, panitia melarang adanya tatung yang menampilkan atraksi sadisme, seperti makan ayam mentah, anak anjing, dll. Seperti tahun-tahun yang lalu, dari sekian ratusan peserta, masih ada juga yang menampilkan walau jumlahnya tidak banyak. Untuk tahun ini, kami tegaskan, tatung dilarang menampilkan atraksi sadisme” tegas Bong Cin Nen.

Tatung memang menjadi keharusan dalam perayaan Cap Go Meh. Dalam bahasa Khek atau Hakka tatung bermakna orang yang dirasuki roh dewa atau leluhur. Tubuh dijadikan alat komunikasi atau perantara roh leluhur atau dewa. Pemanggilannya menggunakan mantra dan mudra tertentu, roh dewa dipanggil ke altar kemudian akan memasuki raga tatung.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar