text

bagi info dari gu3
saya juga akan memberikan trik-trik dan software yang menarik buat anda.....
+++semoga bermanfaat+++

Selasa, 31 Januari 2012

Wah, iPhone Bisa Didikte Pakai Bahasa Indonesia

Ingin mendikte iPhone Anda untuk kirim SMS, email, sampai update status, dengan bahasa Indonesia? Semua itu bisa dilakukan dengan aplikasi Dragon Dictation. Cukup bicara saja dengan ponsel Anda.

"Aplikasi ini sebelumnya hadir untuk 52 bahasa dan kini tersedia di Bahasa Indonesia. Berkirim SMS atau email kini bisa dilakukan dengan mudah dan cepat," klaim Stuart Sharpe, Senior Director Nuance Communication--pembesut aplikasi itu, saat ditemui di Hotel Four Season, Selasa (31/1/2011).

Dragon Dictation baru dapat dipakai di sistem operasi terbaru Apple, iOS 5. Handset yang bisa memakai aplikasi ini, antara lain, iPhone 4S, iPhone 4, iPad dan iPod Touch. Aplikasi ini telah tersedia di App Store secara gratis, untuk waktu terbatas.

"Tujuan utama kami adalah mengedukasi konsumen tentang kebolehan aplikasi ini," imbuh Stuart.

Bagaimana cara kerjanya? Di Dragon Dictation, user cukup menekan tombol di aplikasi tersebut dan mengatakan kalimat yang diinginkan. Lalu tekan tombol selesai. Maka kalimat akan diproses dan diterjemahkan jadi tulisan.

Jika sudah jadi tulisan, pengguna bisa memilih menggunakan tulisan itu sebagai SMS, email, atau update status di Facebook dan Twitter. Namun proses selanjutnya ini dilakukan manual, tak lagi dengan suara.

Dragon Search

Selain Dragon Dictation, Nuance juga menghadirkan aplikasi Dragon Search yang kurang lebih sama cara pemakaiannya. User menyentuh layar dan mengucap kata yang ingin dicari. Kemudian kalimat akan dicari di berbagai layanan internet dari Google, Twitter, Wikipedia, YouTube dan iTunes.

"Aplikasi ini dapat beradaptasi sesuai dengan suara penggunanya. Kami membuatnya mengerti apa yang Anda katakan," imbuh Stuart.

Nuance Communications sendiri adalah perusahaan yang bergerak di bidang teknologi mobile. Selain di iOS,sejatinya mereka sudah membuat aplikasi serupa di Android dan Windows Phone, namun tidak dimassalkan.

"Misalnya, kami bekerja sama dengan T-Mobile di Amerika Serikat untuk menghadirkannya di Android," pungkas Stuart.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar